Memahami Pengertian Manajemen Keuangan

Manajemen.info – Pasti kita sudah sering mendengar kata manajemen keuangan bukan, nah apakah anda tahu secara pasti apa yang dimaksud dengan manajemen keuangan itu?. Yups, kalo belum begitu yakin akan arti manajemen keuangan, mari kita kaji dan urai guna memahami pengertian manajemen keuangan. Hal ini perlu kita ketahui agar kita benar benar paham secara teori apa itu manajemen keuangan.

Menurut wikipedia, Manajemen keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan. Dapat juga diartikan bahwa manajemen keuangan merupakan segala aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana cara untuk mengatur dan memperoleh pendanaan modal kerja yang nantinya digunakan uang untuk mengatur dana dan mengelola aset yang dimiliki untuk mencapai tujuan utama dari suatu perusahaan.

Lalu pasti kita bertanya, untuk apakah sebenarnya tujuan dari manajemen keuangan itu? yups, tujuan dari manajemen keuangan adalah untuk mengatur dan melakukan arange secara maksimal terhadap dana perusahaan yang nantinya dapat memberikan nilai tambah terhadap asset yang dimiliki oleh perusahaan atau pemegang saham. Dalam hal ini manajemen keuangan berfungsi untuk melakukan efisiensi dana perusahaan atau organisasi hingga dapat menghasilkan laba atau pertumbuhan aset bagi perusahaan.

Adapun fungsi utama dari manajemen keuangan diantaranya adalah sebagai berikut:

Planning atau perencanaan
Dalam hal ini perencanaan atau planning keuangan yang meliputi perencanaan arus kas keluar dan masuk, dan juga arus kas untuk mengetahui Rugi dan Laba.

Anggaran atau Budgeting
dalam hal ini budgeting atau anggaran yang berfungsi untuk perencanaan yang meliputi penerimaan dan pengalokasian dana atau biaya secara efisien serta memaksimalkan dana perusahaan secara efisien.

Fungsi Sebagai Pengendalian Keuangan
Dimana manajemen keuangan dalam hal ini sangat berperan penting dalam melakukan pengendalian, kontrol dan melakukan evaluasi dan perbaikan atas sistem keuangan di dalam perusahaan

Fungsi sebagai auditing atau pemeriksaan keuangan
dimana dalam hal ini adalah pemeriksaan keuangan, audit internal terhadap keuangan perusahaan agar sesuai dengan standar akuntasi serta tidak mengalami kebocoran dana perusahaan.

Fungsi sebagai Reporting atau sebagai pelaporan keuangan.
dalam hal ini berfungsi memberikan dan menyiapkan laporan dan informasi mengenai kondisi perusahaan secara up to date dan terperinci.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>