Memahami “Manajemen Resiko”

Manajemen.info – Tentu anda pernah mendengar apa itu manajemen resiko bukan, yup, manajemen resiko menurut WIKIPEDIA adalah  suatu pendekatan terstruktur/metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman; suatu rangkaian aktivitas manusia termasuk: Penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan/pengelolaan sumberdaya

Secara umum, manajemen resiko merupakan gabungan dari dua kata yakni manajemen yang artinya adalah mengorganisir sesuatu dan resiko yang dalam bahasa Indonesia adalah efek atau hasil dari sesuatu yang membahayakan atau merugikan dan merupakan hasil dari suatu tindakan. Dalam dunia bisnis, resiko berhubungan dengan hasil yang nantinya didapat yang kemungkinan buruk yang akan didapat dimana resiko berkonotasi negatif yang berarti hasil buruk yang kemungkinan diperoleh bila gagal melakukan sesuatu.

Secara garis besar businessdictionary.com menyebutkan bahwa manajemen resiko adalah proses identifikasi, penilaian pengendalian serta analisis untuk meminimalisasi atau penghapusan resiko yang kemungkinan diterima. Manajemen resiko dapat juga dikatakan pengelolaan suatu tindakan untuk meminimalisasi kegagalan.

Hal yang berhubungan dengan manajemen resiko biasanya dihadapi oleh seorang investor atau fund manager pada saat melakukan analisa suatu bisnis untuk mendapatkan profit yang diinginkan serta memberlakukan toleransi resiko yang akan dihadapi dalam bisnis tersebut. Biasanya pemain bursa saham, atau valuta asing yang sering melakukan hal ini. Mereka mengelola resiko sedemikian rupa hingga nantinya berhasil diminimalisir atau bahkan berbalik menjadi profit atau laba.

Ada beberapa proses yang harus dipelajari saat akan melakukan atau mengelola manajemen resiko, yakni :

  1. internal environment / Faktor Lingkungan
  2. objective setting / penyusunan / penetapan sasaran/object
  3. event identification / Identifikasi pelaksanaan / kegiatan
  4. risk assessment / penilaian resiko
  5. Risk Response / Tanggapan / reaksi resiko
  6. Control activities / pengontrolan kegiatan
  7. information and communication / informasi dan komunikasi yang efektif
  8. Monitoring / pemantauan kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>