Ini Beberapa Tips Untuk Menjadi Pemimpin Yang Disegani Bawahan

Menjadi seorang pemimpin, sebenarnya adalah merupakan takdir dari setiap individu, minimal seseorang pasti memimpin diri sendiri untuk bergerak positif dan maju demi kesuksesan diri mereka sendiri. Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, ini adalah hal yang mungkin harus perlu banyak dipelajari oleh seseorang atau orang yang memang mempunyai bakat untuk memimpin perusahaan bahkan memimpin pemerintahan.

Nah, berikut adalah hal yang perlu diperhatikan oleh kita semua agar nantinya kita bisa menjadi pemimpin yang baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku dan dapat dipertanggungjawabkan kepada tuhan yang maha esa. Bagi seorang pemimpin perusahaan hal ini sangat berpengaruh bagi mentalitas dan perilaku karyawan yang dipimpinnya.

Jaga sikap dan akhlak Terhadap Karyawan

Pemimpin yang baik adalah orang yang disegani oleh karyawan dan juga relasi bisnis mereka. Ingat bahwa semakin anda mampu menjaga akhlak dan bertindak baik terhadap bawahan dan karyawan, akan membuat anda lebih disegani dan dihormati oleh karyawan dimana anda memimpin perusahaan tersebut. Dan salah satu ciri anda disenangi bawahan adalah, bawahan atau karyawan anda tidak akan takut atau jengah bila anda berada disekitar mereka, tidak ada rasa takut dan resah jika anda berada disamping mereka.

Tidak Terlalu Jauh Mengurusi Pekerjaan Karyawan

Pimpinan yang baik adalah mereka yang tidak terlalu jauh mengurusi pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan mereka tanpa diminta saran atau masukan dari karyawan. Jika sebatas memberitahu dan memberi garis besar arahan, hal tersebut tidaklah masalah, namun jika sangat detail mengharuskan karyawan melakukan sesuai dengan jalan pikiran pimpinan hal itu adalah hal terburuk yang malah dapat membuat karyawan tidak maksimal dalam bekerja. Hindari mendikte karyawan, biarkan mereka berkreasi dengan cara mereka asal sesuai dengan aturan dan cara kerja perusahaan.

Jangan Minta Dihormati Oleh Karyawan

Hal terburuk dari seorang pimpinan adalah terkadang mereka minta dihormati secara fisik dan minta dianggap berwibawa. Hal ini membuat karyawan malah menjadi jengah dan mereka mungkin hanya akan hormat kepada anda sebagai pimpinan secara fisik tidak secara moral dan juga tidak ikhlas. Mungkin juga dibelakang anda mereka bahkan mencemooh ataupun berani meledek pimpinan mereka.

Intinya pemimpin yang baik adalah mereka yang berwibawa dan mampu mengatur orang lain tanpa menjatuhkan martabat orang lain, jika orang jawa bilang, “menang tanpa ngasorake, ngakon tanpo mrintah” yang artinya menang tanpa merendahkan orang lain dan menyuruh tanpa memberi perintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *